Cara membuat animasi tembak-menembak di Pivot Stickfigure Animation
Hiii semuaaaaa... pada post saya sebelumnnya kan telah membahas mengenai review software pivot stickfigure animator, nah sekarang saya mau memberikan langkah-langkah membuat animasi dengan software pivot. Oke langsung saja saya ambil contoh, membuat animasi tembak-menembak dengan menggunakan pivot, berikut langkah-langkahnya.
Cara membuat animasi di pivot
1.
Langkah
pertama adalah buka software pivot animasi stickfigure dengan cara
klik start dan ketikan pivot animator.
2.
Setelah software dibuka maka akan
muncul jendel kerja pivot animator seperti pada gambar di bawah.
3.
Lalu
setelah itu, pilih edit lalu masuk ke menu pengaturan, atur lebar dan tinggi layer
4.
Setelah
mengatur layer, lalu sekarang kita bisa memasukkan figurenya. Figur
dapat dibuat sesuai keinginan ataupun menggunakan figur yang sudah disediakan
oleh pivot animator.
5.
Kemudian klik tools “Ganti Tipe Figur” untuk
menduplikat dan megganti figur sesuai dengan yang diinginkan
jika ingin membuat figure sendiri.
6.
Setelah
itu klik tools file dan pilih tambahkan ke animasi lalu stik figur tersebut
akan muncul di layer
7.
Atau jika tidak ingin membuat figur
senidiri bisa menggunakan figur yang telah disediakan figur animator dengan
cara klik File pilih masukkan tipe figure.
8.
Maka akan muncul kotak dialog seperti
berikut, disini saya menggunakan figure man evolved. Lalu setelah memlih figur
yang dingiinkan klik open.
9.
Figur yang telah dipilih tadi akan
muncul di lembar kerja pivot animator.
10. Jika
ingin menggunakan lebih dari satu figur, figur yang sebelumnya dapat di copy
paste dengan mengklik icon copy dan paste yang terdapat di tools figur ini.
Pada
gambar di bawah ini telah dibuat beberapa pergerakan kedua figur tersebut
dengan cara mengarahkan kursor pada sendi sendi figur yang berbentuk lingkaran
merah kemudian digerakkan sesuai keinginan dan jangan lupa pada setiap
perubahan pergerakan harus selalu menambahkan frame. Objek pistol yang dipegang oleh salah satu
figur diimport dengan cara mencari file pistol denga format .stk kemudian klik
file tersebut makan akan langsung muncul pada lembar kerja
11. Di
bawah ini adalah frame frame dari
pergerakan yang telah di buat.
12. Setelah
figur sudah diberi pergerakan yang diinginkan. Maka tahap akhirnya adalah
menyimpan project tersebut dengan cara CTRL + S, OK.
Project
yang telah saya buat tadi sudah saya simpan dengan nama cobaa dan dengan format
*.piv sesuai yang telah ditentukan pivot animator.
Nah, mungkin cukup segitu langkah-langkah yang saya berikan , semoga bermanfaat untuk kalian yaa..
Comments
Post a Comment