Cara membuat animasi tembak-menembak di Pivot Stickfigure Animation

Hiii semuaaaaa... pada post saya sebelumnnya kan telah membahas mengenai review software pivot stickfigure animator, nah sekarang saya mau memberikan langkah-langkah membuat animasi dengan software pivot. Oke langsung saja saya ambil contoh, membuat animasi tembak-menembak dengan menggunakan pivot, berikut langkah-langkahnya.

Cara membuat animasi di pivot
1.      Langkah pertama adalah buka software pivot animasi stickfigure dengan cara klik start dan ketikan pivot animator.


2.      Setelah software dibuka maka akan muncul jendel kerja pivot animator seperti pada gambar di bawah.






3.      Lalu setelah itu, pilih edit lalu masuk ke menu pengaturan, atur lebar dan tinggi layer


4.      Setelah mengatur layer, lalu sekarang kita bisa memasukkan figurenya. Figur dapat dibuat sesuai keinginan ataupun menggunakan figur yang sudah disediakan oleh pivot animator.

5.      Kemudian klik tools “Ganti Tipe Figur” untuk menduplikat dan megganti figur sesuai dengan yang diinginkan jika ingin membuat figure sendiri.

6.      Setelah itu klik tools file dan pilih tambahkan ke animasi lalu stik figur tersebut akan muncul di layer

7.      Atau jika tidak ingin membuat figur senidiri bisa menggunakan figur yang telah disediakan figur animator dengan cara klik File pilih masukkan tipe figure.


8.      Maka akan muncul kotak dialog seperti berikut, disini saya menggunakan figure man evolved. Lalu setelah memlih figur yang dingiinkan klik open.

                   
9.      Figur yang telah dipilih tadi akan muncul di lembar kerja pivot animator.


10.  Jika ingin menggunakan lebih dari satu figur, figur yang sebelumnya dapat di copy paste dengan mengklik icon copy dan paste yang terdapat di tools figur ini.
Pada gambar di bawah ini telah dibuat beberapa pergerakan kedua figur tersebut dengan cara mengarahkan kursor pada sendi sendi figur yang berbentuk lingkaran merah kemudian digerakkan sesuai keinginan dan jangan lupa pada setiap perubahan pergerakan harus selalu menambahkan frame.  Objek pistol yang dipegang oleh salah satu figur diimport dengan cara mencari file pistol denga format .stk kemudian klik file tersebut makan akan langsung muncul pada lembar kerja


11.  Di bawah ini adalah frame frame dari  pergerakan yang telah di buat.


12.  Setelah figur sudah diberi pergerakan yang diinginkan. Maka tahap akhirnya adalah menyimpan project tersebut dengan cara CTRL + S, OK.
Project yang telah saya buat tadi sudah saya simpan dengan nama cobaa dan dengan format *.piv sesuai yang telah ditentukan pivot animator.


Nah, mungkin cukup segitu langkah-langkah yang saya berikan , semoga bermanfaat untuk kalian yaa..

Comments

Popular posts from this blog

Perkembangan Teknologi Informasi dalam Dunia Bisnis dan Industri

Menyusun Perencanaan Audit TSI